Senin, 15 April 2013

Aplikasi NASA pada tanaman bawang merah



Penggunaan pestisida kimia yang tidak bijaksana di tanaman bawang merah kecamatan Bagor kabupaten Nganjuk menyebabkan prduktivitas tanaman semakin menurun, team nasa pasuruan Nur Yusroni, Septa Ariandi, Yugo Wibisono, Muslih Riza, dan Gumbrek Jupriono secara bertahap melaksanakan pendampingan kelompok tani bawang merah, dengan mengenalkan teknologi organik NASA untuk tanaman bawang, seperti pupuk organik Greenstar, POC Nasa, Hormonik, dan POP Supernasa, dan Pestisida organik NASA seperti Virexi untuk mengatasi ulat tanah, dan ulat grayak, Pestona dan Glio untuk mengatasi serangan jamur.
Lahan bawang merah yang dipakai untuk aplikasi adalah lahan milik Bpk Waluyo dan Bpk Sono, merupakan lahan yang oleh warga Dusun Sadang Desa Bagorkulon Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dikatan lahan yang ekstreem. Bahkan salah satu petani yang cukup tua sampai mengatakan kalau seumur - umur ga mungkin tanaman bawang merah di lahan ini hasilnya bagus.
Produk NASA Supernasa dan Greenstar diberikan pada minggu pertama setelah tanam, disiramkan ke lahan, selanjutnya secara rutin Pupuk Organik Serbuk Greenstar disemprotkan dua minggu sekali bergantian dengan penyemprotan Virexi untuk mencegah serangan ulat grayak Spodoptera exigua.
Setelah aplikasi produk NASA tersebut, pertumbuhan tanaman bawang merah terlihat lebih subur, warna daun lebih hijau, lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, dan umbi yang dihasilkan lebih besar daripada tanaman bawang merah yang tidak menggunakan produk NASA di lahan sebelahnya. biaya yang dikeluarkan untuk pencegahan dan pengobatan akibat serangan hama dan penyakit yang biasanya habis sampai dengan 5 juta sekali tanam pun bisa dikurangi hanya sekitar 150 - 200rb saja dengan produk NASA.

Dengan melihat hasil aplikasi produk NASA tersebut petani bawang merah kecamatan Bagor khususnya yang tinggal di Desa Bagorkulon Kecamatan Bagor pada musim tanam berikutnya akan beralih menggunakan produk NASA untuk meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah yang mereka tanam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar